Vaksin Gardasil, Membedah Miskonsepsi Dan Fungsi Sebenarnya


Vaksin yang satu ini memang sangat populer dikalangan wanita. Vaksin gardasil sendiri merupakan vaksin quadrivalent yang dapat mencegah infeksi HPV 16 dan 18. Vaksin ini biasa diberikan pada wanita dengan usia 9 hingga 26 tahun demi mencegah infeksi kutil kelamin. pria juga bisa mendapat vaksin ini namun kasusnya sangat jarang.

Perbedaan Vaksin Gardasil dan Cervarix

Bagi orang awam mungkin mendengar kata vaksin gardasil dan cervarix mungkin tidak ada bedanya. Namun hal ini adalah sebuah kesalahan, vaksin cervarix dan vaksin gardasil adalah dua jenis vaksin yang berbeda fungsi dan juga cara pemakaian berikut ini adalah perbedaan vaksin gardasil dan vaksin cervarix.

Fungsi

Dari segi fungsi sendiri vaksin cervarix merupakan sebuah vaksin bivalen yang hanya dapat mencegah terjadinya kanker serviks yang disebabkan oleh HPV 16 dan 18 saja. Ingat vaksin ini hanya mencegah penyakit kanker serviks dan tidak bisa digunakan untuk mencegah penyakit kutil kelamin.

Sedangkan pada vaksin gardasil fungsinya bisa untuk mencegah penyakit kanker serviks dan juga kutil kelamin karena vaksin gardasil merupakan vaksin quadrivalent. Karena fungsinya yang hampir sama, seringkali orang menyangka bahwa vaksin gardasil dan cervarix adalah vaksin yang sama.

Indikasi Penggunaan

Dari segi penggunaan dan pemberian vaksin sendiri untuk vaksin cervarix hanya diberikan kepada wanita saja. Rentang waktu pemberian vaksin antara usia 9 hingga 25 tahun. Ingat vaksin cervarix hanya diberikan kepada wanita saja karena vaksin ini merupakan vaksin bivalen.

Sedangkan untuk vaksin gardasil pemberian bisa diberikan pada wanita dan juga bisa diberikan pada laki-laki dengan kasus tertentu. Rentang pemberian vaksin ini diberikan antara usia 14 hingga 25 tahun. Kasus pemberian vaksin gardasil untuk pria biasanya untuk penderita HIV dan pria homoseksual.

Setelah mengetahui perbedaan dari kedua fungsi dari vaksin cervarix dan vaksin gardasil tentunya anda bisa menggunakan vaksin dengan cermat dan sesuai dengan kebutuhan. Masih banyak miskonsepsi dari kedua vaksin ini di indonesia karena jarang orang menggunakan vaksin ini.

Vaksin Gardasil Menyebabkan Kemandulan

Ada sebuah miskonsepsi di tengah masyarakat indonesia yang menyebabkan vaksin gardasil dan juga vaksin HPV lainnya sangat tidak populer di masyarakat. Mitos yang beredar tentang vaksin gardasil dan HPV yang dapat menyebabkan kemandulan adalah sebuah kesalahan yang sangat tidak berdasar.

Penggunaan vaksin gardasil dan HPV sangat penting terutama untuk mereka yang akan melangsungkan pernikahan. Tak hanya vaksin HPV ada lima vaksin penting lainnya yang harus anda gunakan sebelum anda menikah. Berikut ini adalah lima vaksin penting yang sebenarnya harus anda ambil sebelum menikah.

Vaksin HPV

Human papillomavirus yang dapat menular melalui hubungan seksual dapat dicegah apabila anda menggunakan vaksin HPV. anda tidak perlu takut akan menjadi mandul karena menggunakan vaksin ini. Vaksin HPV aman digunakan dan sudah terbukti tidak memiliki efek samping menyebabkan kemandulan.

Vaksin Hepatitis B

Penyakit hepatitis B juga dapat menyebar melalui hubungan seksual. Oleh karena itu baik pria maupun wanita yang ingin melangsungkan pernikahan harus mendapatkan vaksin hepatitis B terlebih dahulu untuk mencegah potensi penularan dari penyakit hepatitis B.

Vaksin Campak Dan Rubella

Vaksin campak dan rubella dianjurkan pada kaum wanita. Hal ini ditujukan untuk mencegah infeksi campak dan rubella saat kehamilan karena ketika sang ibu terinfeksi dengan penyakit campak dan rubella saat ia hamil akibatnya akan sangat fatal dan bisa berujung pada kematian.

Vaksin Cacar Air

Vaksin ini juga penting untuk kaum wanita karena dapat mencegah infeksi cacar air saat wanita tersebut hamil. Infeksi cacar air saat kehamilan sangat berbahaya bahkan bisa berakibat fatal. Seperti campak dan rubella, cacar air juga bisa menyebabkan kelainan pada anak yang dilahirkan.

Vaksin Tetanus

Vaksin ini memang terkenal sebagai vaksin anak, namun yang tidak banyak diketahui adalah vaksin ini juga direkomendasikan oleh WHO untuk para calon ibu. Pencegahan infeksi pada ibu hamil sangat penting karena terjadinya infeksi seringkali dapat menyebabkan kelainan pada anak yang dikandungnya.

Pemberian vaksin HPV sangatlah penting, terutama untuk anda yang ingin melangsungkan pernikahan. Segera datang ke klinik terdekat atau ke pusat Vaksin Bandung untuk mendapatkan vaksin HPV dan juga vaksin lainnya bagi anda yang akan melangsungkan pernikahan.

Itulah tadi beberapa pengetahuan penting yang harus anda cermati mengenai vaksin gardasil. Mitos dan juga miskonsepsi yang anda dengar selama ini adalah sebuah isapan jempol belaka dan anda tidak boleh meremehkan pentingnya vaksin HPV. 

Jangan lupa untuk memvaksin diri anda agar terhindar dari penyakit yang tidak anda inginkan. Gunakan aplikasi halodoc untuk memudahkan Anda mencari klinik terdekat di sekitar Bandung. Untuk mengetahui informasi kesehatan lebih lanjut, termasuk untuk vaksin gardasil.

Tidak ada komentar untuk " Vaksin Gardasil, Membedah Miskonsepsi Dan Fungsi Sebenarnya"