Cek 5 Gejala Sakit Tipes di SehatQ.com


Saat sudah mulai masuk musim hujan, kewaspadaan harus ditingkatkan. Salah satunya adalah sakit tipes yang bisa disebabkan karena faktor makanan yang terkontaminasi oleh bakteri salmonella typhi. Apalagi menjaga kebersihan saat musim hujan akan lebih sulit, kotoran bisa terbawa air dan menempel di banyak tempat.

Untuk menghindari penyakit tipes ini memang harus benar-benar menjaga kebersihan. Selain itu, Anda harus mengetahui beberapa gejalanya, agar bisa cepat mengantisipasi dan segera mengobatinya. Apa saja gejala-gejala tipes ini yang dirangkum dari sehatQ?

Gejala Demam

Demam menjadi gejala pertama yang harus diwaspadai dari sakit tipes ini. Suhu tubuh akan meningkat setiap harinya hingga maksimal mencapai suhu 400 C.

Gejala demam ini akan muncul setelah 1 sampai 3 minggu dari terpaparnya bakteri salmonella typhi. Jadi, Anda harus berhati-hati karena saat demam terjadi tubuh sudah terserang tipes dalam waktu yang lama.

Perbedaannya dengan demam berdarah dengue (DBD) munculnya demam secara tiba-tiba hingga 400 C. Begitu juga dengan campak yang gejala demamnya mirip dengan tipes, namun demam muncul setelah 10 sampai 12 hari terpapar campak.

Gejala Ruam atau Bercak Merah

Kemunculan bercak merah dari penyakit tipes ini di area perut dan dada. Setelah demam berlangsung selama dua sampai lima hari, bercak tersebut akan muncul.

Hal ini berbeda dengan bercak yang diakibatkan DBD ataupun campak. Untuk DBD bercak biasanya timbul di seluruh bagian tubuh secara merata. Sedangkan untuk campak di area tangan dan wajah, dengan ciri bercak ada bagian putih di area inti.

Gejala Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan bisa terjadi terhadap para penderita tipes ini. biasanya yang terjadi berupa diare atau juga bisa konstipasi. Diare merupakan gangguan pada pencernaan dengan frekuensi buang air besar terlalu sering. Diikuti dengan bentuk kotoran yang tidak normal.

Sedangkan konstipasi merupakan kondisi sebaliknya dari diare. Dimana terjadi sembelit, dan frekuensi buang kotoran lebih sedikit dari saat tubuh normal.

Gangguan pencernaan akibat tipes ini membuat bagian perut terasa sakit, tidak nyaman, sehingga membuat tubuh terasa lemas.

Gejala Radang Tenggorokan

Serangan bakteri salmonella yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan atau sentuhan mempengaruhi sistem pencernaan. Selain itu, tenggorokan yang dekat dengan sistem saluran pencernaan juga ikut mengalami gangguan. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya radang pada tenggorokan.

Gejala Pegal-pegal pada Tubuh

Gejala pegal dan sakit pada tubuh sering dialami para penderita tipes. Sistem pencernaan yang terganggu membuat tubuh mengeluarkan pertahanan diri, sehingga membuat terasa lemas dan lelah.

Selain itu, sistem pencernaan yang terganggu juga semakin menyulitkan tubuh mendapat asupan nutrisi dan energi. Itulah mengapa para penderita tipes biasanya membutuhkan asupan tambahan nutrisi lewat cairan infus yang langsung dimasukkan ke dalam tubuh.

Berbagai macam gejala tipes ini relatif lebih mudah dikenali. Hanya saja kerap kali terlalu lambat disadari. Karena biasanya gejala-gejala yang terjadi akan timbul satu hingga tiga minggu setelah seseorang terkena paparan salmonella typhi ini.

Oleh karena itu, selalu menjaga kebersihan bisa menjadi faktor pencegah terjadinya penyakit tipes ini. Terutama menjaga kebersihan anak-anak agar tidak main sembarangan dan terkena kotoran yang membawa bakteri salmonella typhi penyebab sakit ini.

Itulah gejala sakit tipes yang harus Anda kenali dan segera periksakan ke dokter jika Anda, anak-anak, atau siapapun mengalami gejala tersebut. Sekarang ini banyak media yang bisa Anda gunakan untuk tanya dokter dan diskusi secara langsung, sehingga kesehatan Anda dan keluarga bisa terjaga dengan baik.

Tidak ada komentar untuk "Cek 5 Gejala Sakit Tipes di SehatQ.com"